Sabtu, 05 November 2011

PEMANFAATAN LIMBAH TEMBAKAU

Tembakau merupakan salah satu jenis komoditas perkebunan yang mempunyai peran penting dalam perdagangan. Selama ini, pemanfaatan tamanan tembakau hanya pada daun, akan tetapi potensi bagian lainnya mempunyai daya jual yang tinggi, seperti gagang, batang, bunga, kulit, dan akar. Potensi tersebut belum termanfaatkan secara maksimal. pemanfaatan limbah yang tidak maksimal akan menyebabkan dampak pencemaran lingkungan.
Salah satu pemanfaatan limbah tembakau dapat dijadikan sebagai insektisida. Kandungan nikotin yang terdapat di bagian tumbuhan selain daun masih tinggi tetapi belum dimanfaatkan secara maksimal. Nikotin sebanyak 5% yang terdapat dalam tembakau merupakan racun saraf kuat dan digunakan dalam racun serangga. Nikotin dirumuskan untuk keperluan insektisida dalam berbagai bentuk senyawa murni, nikotin sulfat dan serbuk tembakau. Akan tetapi dalam menentukan dosis yang diberikan harus sesuai dengan prosedur. Menurut Cassanova et al., (2002), nikotin murni dianggap beracun bagi mamlia dengan dosis letal sebesar 50 mg/kg. Selama ini, pemanfaatan nikotin untuk insektisida dalam bentuk nikotin sulfat dengan konsentrasi 40% cairan. Serbuknya dapat membuat iritasi kulit sehingga tidak sesuai jika digunakan pada tanaman pangan sehingga cocok digunakan untuk tanaman perkebunan dan holtikultura (Fauzan et al., 2008).  
Pemanfaatan nikotin sebagai insektisida masih terkendala tentang pengetahuan dan teknologi sehingga dibutuhkan penyuluhan dan publikasi informasi tentang penelitian komoditas terkait. Pembuatan insektisida salah satu dengan membuat ekstraksi nikotin. Ekstraksi tersebut memerlukan biaya yang tinggi sehingga kurang diminati oleh petani.
Peran pemerintah dalam upaya diversifikasi hasil olahan tembakau dalam pengetahuan petani dan pengadaan teknologi diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan petani. Pengetahuan dan teknologi tersebut mampu digunakan untuk mengolah limbah tembakau menjadi produk yang bersaing tinggi. selain itu, peran mahasiswa di bidang pertanian secara luas dapat juga mendapatkan menjadi penyalur informasi dari peneliti ke petani sehingga petani mendapatkan informasi sesuai penelitian dibidangnya [AAD]

0 komentar:

Posting Komentar