Senin, 09 Desember 2013

Kebakaran Hutan Merahkan Langit Sydney


Langit di atas pelabuhan kota Sydney berubah menjadi memerah pada Kamis kemarin akibat kebakaran hutan di sebagian besar area di negara bagian New South Wales (NSW), Australia. Menurut laporan petugas pemadam kebakaran, terdapat hampir 100 titik api yang ada di Australia bagian tenggara itu.

Kantor berita BBC, Kamis 17 Oktober 2013, melansir, sebanyak 200 rumah diperkirakan ikut terbakar dalam insiden tersebut. Jumlah itu masih dapat terus bertambah, karena petugas pemadam kebakaran hingga kini masih menghitung.

Akibat kebakaran tersebut, satu orang dilaporkan tewas saat sedang berusaha melindungi rumahnya di Danau Munmorah di Central Coast agar tidak ikut terbakar. Korban tewas adalah pria berusia 63 tahun dan meregang nyawa akibat serangan jantung pada Kamis sore waktu setempat. Tiga pemadam kebakaran terluka.






Dugaan sementara, kebakaran disebabkan suhu udara yang sangat panas dan angin kencang. Kendati suhu udara dan kecepatan angin sudah mulai menurun, namun kebakaran masih terus terjadi di pinggiran kota Sydney.

Menurut laporan BBC, sekitar dua ribu petugas pemadam kebakaran dikerahkan ke seluruh negara bagian untuk mengendalikan si jago merah. Namun, masih banyak titik api yang di luar kendali mereka.

Wakil Kepala Layanan Pemadam Kebakaran Pedesaan NSW, Rob Rogers, mengatakan ini merupakan kondisi kebakaran terparah yang pernah dia lihat dalam satu dekade terakhir. "Ada ribuan kilometer area yang terbakar api dan harus kami padamkan," ujar Rogers.

Hal serupa turut diperkuat kesaksian petugas pemadam kebakaran lainnya yang menyebut ketinggian api mencapai 20 hingga 30 meter.

Perdana Menteri, Tony Abbott, yang mengetahui soal bencana ini, berkunjung ke daerah Blue Mountain, area terparah yang terkena bencana. Abbott mengaku salut terhadap upaya para petugas pemadam kebakaran.
"Orang-orang ini adalah sosok yang pada hari biasa bersama-sama mendukung dan melindungi sesama warga Australia," ungkap Abbott.

Untuk sementara ini, api memang dapat dikendalikan, namun suhu panas diprediksi akan kembali melanda NSW mulai pekan depan. Menurut laporan Dailymail, kebakaran hutan kerap terjadi di Negeri Kangguru saat suhu udara tinggi.

Aksi kebakaran terparah lainnya pernah terjadi di tahun 2009 silam yang menyebabkan 173 orang tewas dan melalap dua ribu rumah di Negara Bagian Victoria. 

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar